Ada 5 fakta unik mengenai istana kepresidenan Turki:

1. Ada 1.024 ruangan didalam Istana Presiden Turki, sedikit lebih banyak dibanding jumlah ruangan di istana terlarang Beijing.
2. Desain dan arsitektur istana menggabungkan antara kekaisaran Utsmaniyah dengan Kesultanan Seljuk.
3. Banyak sekali benda-benda seni dari era Ottoman dan Dunia Arab didalam istana, menggabungkan modernitas Turki dengan masa lalu kekaisaran Islamnya. Hal ini dianggap unik, karena di istana kepresidenan lama tidak ada satupun ciri-ciri keagamaan, bahkan dulu tempat solat tidak diperbolehkan ada, mengikuti tradisi Ataturk.
4. Memiliki perpustakaan terbesar di seluruh Turki, menampung dan menyimpan banyak manuskrip kuno.
5. Memiliki ruang kontrol media, dimana dari tempat ini kepresidenan dapat memantau seluruh pemberitaan media di seantero Turki, juga perkembangan terkini negara.

Inside Turkey's Presidential Palace

Istana kepresidenan Turki dibangun di era Erdogan di pinggiran ibu kota Ankara dengan biaya sekitar 615 juta dolar AS atau setara dengan Rp 7,6 triliun.
Bangunan megah itu memiliki luas 200.000 meter persegi, atau 30 kali lebih besar dibanding Gedung Putih dan empat kali lipat dibanding Istana Versailles Perancis.

Presidential Palace Turkey

Generasi mendatang nanti akan mengatakan dari gedung-gedung itulah Turki baru dipimpin,“ kata Erdogan.
Ini bukan istana saya, istana ini bukan properti pribadi. Istana ini milik rakyat,“ tambah Erdogan yang telah mengembalikan kejayaan Turki.